fbpx

Wakafmulia.org

WakafMulia.Org

Manfaat Sedekah Subuh dalam Islam, Umat Muslim Wajib Tahu

 Manfaat sedekah subuh perlu diamalkan setiap muslim. Islam sangat menganjurkan umat muslim agar senantiasa bersedekah karena amalan ini memiliki banyak keutamaan. Untuk itu, sudah seharusnya umat muslim mengerjakan amalan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Melansir NU Online, sedekah adalah salah satu amal ibadah yang sangat besar pahalanya. Hal ini karena pelaksanaan sedekah bukan hanya berkaitan dengan penghambaan kepada Allah SWT, namun juga sikap solidaritas kepada sesama manusia.

taboola mid article

Sedekah tentu bisa dilakukan kapan saja, terutama saat waktu Subuh. Waktu ini adalah waktu istimewa yang menandai peralihan ketika malam berganti pagi. Untuk itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk sedekah Subuh karena memiliki banyak manfaat.

Berikut sejumlah manfaat sedekah Subuh yang merdeka.com lansir dari NU Online dan sumber lainnya:

Didekatkan pada Pintu Surga

Manfaat sedekah Subuh yang pertama, yaitu didekatkan pada pintu surga dan dijauhkan dari api neraka. Umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan sedekah Subuh agar terhindar dari siksa api neraka. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis, artinya:

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Menghapus Dosa

Setiap muslim yang mengamalkan sedekah Subuh akan dihapuskan dosanya. Selain itu, Allah SWT akan memberikan pahala kebaikan yang berlimpah kepada setiap orang yang mau bersedekah. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Dua Malaikat Datang Mendoakan

 

Manfaat sedekah subuh selanjutnya adalah dua malaikat akan datang mendoakan. Setiap muslim yang memberi sedekah subuh, dua malaikat akan datan mendoakan amalan kita. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis, artinya:

“Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa,’Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak. Sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘ Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.

Dari hadis tersebut, sudah seharusnya setiap muslim mengamalkan sedekah Subuh. Dengan begitu, malaikat akan datang mendoakan agar rezekinya semakin lancar dan berkah. Sedangkan, mereka yang enggan, akan didoakan agar ditahan rezekinya.

Membuka Pintu Rezeki

Manfaat sedekat Subuh lainnya adalah membuka pintu rezeki. Rasulullah bersabda dalam hadist riwayat Baihaqi, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.”

Diriwayatkan juga dalam hadist riwayat Muslim, “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.

Panjang Umur

 

Manfaat sedekah Subuh bagi umat muslim berikutnya adalah bisa memanjangkan umur. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah hadis, artinya:

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

Terhindar dari Marabahaya

Manfaat sedekah Subuh selanjutnya adalah sebagai penolak bala, penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

 

Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Manfaat sedekah Subuh selanjutnya adalah mendapatkan pahala berlipat ganda. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu surah Alquran berikut ini:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18).

Sumber : https://www.merdeka.com/jateng/7-manfaat-sedekah-subuh-dalam-islam-umat-muslim-wajib-tahu-kln.html