fbpx

Wakafmulia.org

WakafMulia.Org

Manfaat Sedekah Jumat: Berikan Pahala Berlipat – Mendapat Keuntungan

Hari Jumat merupakan salah satu hari istimewa bagi umat Islam. Pada hari Jumat, sebagian muslim yakni kaum laki-laki akan melaksanakan shalat Jumat seraya mendengarkan khutbahnya. Bagi kaum perempuan yang tidak melakukan shalat Jumat, maka bisa melakukan ibadah istimewa lainnya yakni sedekah Jumat berkah.
Di Indonesia, melakukan sedekah Jumat berkah telah menjadi kebudayaan masyarakat. Buktinya, beberapa sekolah, instansi pemerintahan, perusahaan, hingga individu acapkali membagikan sedekah di hari Jumat.

Sedekah Jumat berkah pun biasanya dapat kita temukan di beberapa masjid besar. Pengurus masjid akan membagikan sedekah yang mereka kelola baik berupa makanan atau lainnya kepada jamaah shalat ataupun masyarakat sekitarnya.

Melihat dari antusias umat Islam yang melakukan sedekah hari Jumat, kira-kira apa saja ya detikers manfaat dari sedekah Jumat berkah itu?

Baca juga:
7 Manfaat Sedekah, Memperpanjang Umur hingga Membersihkan Harta
Manfaat Sedekah Jumat Berkah
Melakukan sedekah memang tidak harus dilakukan pada hari Jumat saja, melainkan kapan pun. Namun, dikarenakan hari Jumat merupakan hari yang penuh berkah, banyak yang berbondong-bondong membagikan sedekah pada hari tersebut karena manfaatnya dapat dirasakan.

Mengutip buku Jika Sedekah Menjadi Lifestyle (Gaya Hidup) karya Bagenda Ali (2020), berikut adalah manfaat dari sedekah Jumat berkah:

1. Nilai Pahalanya Berlipat Ganda
Dikarenakan kemuliaan hari Jumat, maka melakukan sedekah di hari tersebut nilai pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat maka pahala berlipat ganda dari hari lain.” (HR. Abi Syaibah)

2. Mempererat Tali Persaudaraan
Dengan melakukan sedekah Jumat berkah, artinya sama dengan upaya kita dalam mempererat silaturahmi dengan sesama manusia. Sedekah di hari Jumat menjadi cara untuk menjaga tali silaturahmi dengan orang-orang di sekitar kita. Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sedekah yang diberikan kepada seorang kerabat melayani tujuan ganda, yaitu menjadi sedekah itu sendiri dan mempererat persaudaraan. ” (HR. At-Tirmidzi)

3. Menyenangkan Hati Orang Lain
Seseorang biasanya merasa senang ketika ia mendapatkan pemberian dari orang lain. Terlebih bagi orang yang sedang membutuhkan, maka sedekah Jumat berkah sangat diharapkan oleh mereka. Sedekah seperti membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang kurang mampu dapat meringankan beban makan mereka pada hari itu.

4. Sedekah Mendatangkan Keuntungan
Selain kebahagiaan dan keuntungan yang diperoleh sang penerimanya, sedekah akan memberikan keuntungan juga bagi pemberinya. Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah SWT berikut ini:

فَاتَّقُوا اللّٰهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا وَاَنْفِقُوْا خَيْرًا لِّاَنْفُسِكُمْۗ وَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya: Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah; dan infakkanlah harta yang baik untuk dirimu. Dan barang-siapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS. At-Tagabun: 16)

Sumber : https://www.detik.com/hikmah/ziswaf/d-6439195/manfaat-sedekah-jumat-berikan-pahala-berlipat—mendapat-keuntungan.