fbpx

Wakafmulia.org

WakafMulia.Org

Kisah Ajaib Sedekah, Sekantong Pasir yang Berubah Jadi Gandum

Ini cerita tentang keajaiban sedekah yang tidak disangka-sangka. Kisah ini termaktub dalam kitab ‘Uyun al-hikayah Min Qashash wa Nawadir az-zahidin karya Ibnul Qayyim al-Jauzi.

Jadi suatu hari, Abu Muslim al-Khaulani ditanya oleh istrinya.

“Wahai suamiku, apakah kita sudah tidak punya gandum lagi?”

“Apa kita masih punya sesuatu?” tanya Abu Muslim balik.

“Uang kita tinggal 1 dirham, ini hasil berjualan kain pintalku,” jawabnya.

Abu Muslim pun mengambil uang yang tak seberapa itu lalu pergi ke pasar untuk dibelikan gandum. Ia pun berhenti di sebuah toko bahan makanan.

Tapi ia merasa ada yang membuntutinya sejak tadi. Kecurigaannya itu terbukti. Ternyata, ia dibuntuti seorang pengemis. Pengemis itu menjulurkan tangannya untuk meminta sedekah.

Abu Muslim pun kebingungan. Ia cuma punya 1 dirham dan kalau pulang tidak membawa gandum, istri dan keluarganya akan makan apa?

Abu Muslim pun buru-buru melangkah ke toko lain agar pengemis itu berhenti mengikutinya. Tapi, apa mau dikata, pengemis itu selalu membuntuti ke mana pun Abu Muslim pergi.

Abu Muslim merasa putus asa. Ia juga tidak tega dengan si miskin yang tampaknya lebih membutuhkan dibandingkan dirinya. Uang 1 dirham itu pun diserahkannya kepada pengemis itu.

Kini ia merasa galau dan bimbang. Apa yang harus dibawanya pulang?

Lantas, Abu Muslim pun mengambil sekantong wadah gandum yang kosong dan diisi dengan pasir. Kantong berisi pasir itulah yang dibawa pulang dan diberikan kepada sang istri.

Setelah menyerahkan kantong berisi pasir itu kepada istrinya, Abu Muslim cepat-cepat keluar rumah lagi karena takut dimarahi.

 

Ketika sore tiba, ia pun pulang ke rumah. Abu Muslim kaget karena istrinya menghidangkan pelbagai macam roti di depannya. Saat istrinya mempersilakannya makan, Abu Muslim masih kebingungan.

“Dari mana kau dapatkan roti ini?” tanya Abu Muslim kepada sang istri.

“Lah. Tentu saja dari kantong gandum putih yang kamu bawa itu, wahai Abu Muslim,” jawabnya.

Laki-laki itu pun menangis sejadi-jadinya.

Ternyata, kantong berisi pasir itu ketika dibuka istri berubah menjadi sekantong gandum putih. Istrinya pun tidak tahu bahwa kantong gandum itu diisi pasir oleh Abu Muslim dan satu-satunya uang yang mereka punya, telah disedekahkan kepada si miskin.

Jadi, sudahkah Anda bersedekah hari ini? Wallahu a’lam.

Sumber : https://www.kompas.tv/article/212918/kisah-ajaib-sedekah-sekantong-pasir-yang-berubah-jadi-gandum?page=2